Or, in its own meta tag

Monday, July 2, 2012

Tutorial Photoshop : Teknik Burning and Dodging – Membuat Topi Koboi 3D

Desain Grafis memang hobby yang menyenangkan jika di geluti secara serius...tinggal bagaimana kita berpikir kreatif agar hasilnya memuaskan walaupun masih jauh dari sempurna. Itulah yang dinamakan belajar agar bisa lebih baik dari sebelumnya.

Pada Tutorial Photoshop kali ini, saya akan menguraikan cara “Membuat Topi Koboi 3D” dengan menggunakan teknik Burning and Dodging..

Langkah-langkahnya sebagai berikut :

Langkah Pertama
Pada Menu utama, buka File => New dan gunakan Transparent Background.
Lalu pada menu tools sebelah kiri pilih Pen tool dan buatlah gambar topi koboi dengan Pen tool tadi seperti dibawah ini :

 
Langkah kedua
Setelah gambar topi koboi dibuat. klik kanan pada gambar => Make Selection.
Kemudian pada kotak foreground dan background sebelah kiri bawah, klik pada kotak background (kotak yang belakang), akan muncul kotak warna. pilih warna coklat tua (disini saya menggunakan #2520ff) lalu tekan Ctrl + Delete.
Langkah Ketiga
Masih menggunakan Pen Tool, buatlah garis mengikuti pinggiran topi seperti dibawah ini, lalu klik kanan => Make Selection, kemudian tekan Ctrl + C lalu Ctrl + V.
Dengan langkah yang sama seperti langkah diatas, buatlah seperti gambar dibawah ini


Langkah Keempat
Setelah langkah-langkah diatas selesai, saatnya kita membuat topi koboi 3D dengan teknik burning  dan dodging. dalam desain grafis, teknik ini sering digunakan.
Pada menu tools sebelah kiri, pilih Brush tool lalu ubah mode brush pada Color Burn, Opacity = 5% dan Flow = 13%, kemudian buatlah seperti dibawah ini
Masih dengan Brush tool lakukan teknik yang sama untuk gambar yang sudah dibuat seperti dibawah ini

Langkah Kelima
Pada kotak Background dan Foreground disebelah kiri bawah, ubah warna menjadi #f7d253.
Masih menggunakan Brush Tool, kali ini mode di-setting ke mode Color Dodge, lalu gunakan teknik Dodging pada bagian-bagian gambar yang tidak di Burning seperti gambar dibawah ini
 Selesai...

Catatan :
Salah satu teknik dalam Desain Grafis yang sering digunakan yaitu teknik Burning dan Dodging seperti yang telah saya uraikan diatas.

Demikianlah Tutorial Photoshop kali ini....semoga bermanfaat.

No comments:

Post a Comment

Silahkan tinggalkan Komentar
Komentar, kritik dan saran yang membangun sangat saya harapkan.